Syarat dan Ketentuan PPDB

Semua isi dari halaman ini berdasarkan juknis PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Maksud dan penggunaan tanda "plus" pada setiap tombol adalah ketika pengunjung klik tombol "plus" maka akan membuka dan sebaliknya akan menutup bila klik tombol "minus".

Bila membuka alamat https://ppdb.jatimprov.go.id lalu diarah menuju alamat https://ppdbjatim.net maka diterima saja karena itu juga benar.

ada 5 tahap, yaitu:

    Tahap I (Online) terdiri dari:
  1. Jalur Afirmasi (SMA/SMK)
  2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/wali (SMA/SMK)
  3. Jalur Prestasi Hasil Lomba (SMA/SMK)
    Tahap II (Online) yaitu: Jalur Prestasi Nilai Akademik (SMA)
    Tahap III (Online) yaitu: Jalur Zonasi (SMK)
    Tahap IV (Online) yaitu: Jalur Zonasi (SMA)
    Tahap V (Online) yaitu: Jalur Prestasi Nilai Akademik (SMK)
  1. Jalur afirmasi diperuntukkan bagi calon peserta didik baru jenjang SMA/SMK yang berasal dari keluarga tidak mampu, anak buruh, dan penyandang disabilitas.
  2. Kuota jalur afirmasi adalah 15% (lima belas persen) dari pagu sekolah yang terbagi atas keluarga tidak mampu sebanyak 7% (tujuh persen), anak buruh adalah sebanyak 5% (lima persen), dan penyandang disabilitas adalah sebanyak 3% (tiga persen) dari pagu sekolah;
  3. Calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur afirmasi pada jenjang SMA, berdasarkan domisili dalam zona dan/atau luar zona yang berbatasan, sedangkan jenjang SMK berdasarkan domisili dalam zona dan/atau luar zona;
  4. Calon peserta didik baru jenjang SMA dapat memilih 1 (satu) sekolah yang dituju dalam zona atau luar zona yang berbatasan, sedangkan pada jenjang SMK dapat memilih 1 (satu) kompetensi keahlian di sekolah dalam zona atau luar zona;
    Dibuktikan dengan salah satu di antara berikut ini:
  1. Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Kartu Indonesia Sehat (KIS)
  3. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  4. Program Keluarga Harapan (PKH)
  5. Kartu Bantuan Pangan Non Tunai (KBPNT)
  6. Kartu Bantuan Sosial Tunai (BST)
  7. Program bantuan Pemerintah Daerah lainnya.
    Dapat menggunakan Surat Keterangan Miskin atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan/Desa
    Boleh mendaftar, dibuktikan dengan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah serta surat/tanda keanggotaan Asosiasi Buruh yang dimiliki orang tua/wali
  1. Jalur Prestasi Hasil Lomba diperuntukkan bagi calon peserta didik jenjang SMA/SMK yang terdiri dari hasil lomba bidang akademik dan lomba bidang non akademik secara berjenjang atau tidak berjenjang yang diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah atau Swasta di tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, dan tingkat Nasional serta tingkat Internasional;
  2. Kuota Jalur Prestasi Hasil Lomba sebanyak 5% (lima persen) dari pagu sekolah yang terbagi atas prestasi hasil lomba bidang akademik sebanyak 2% (dua persen) dan prestasi hasil lomba bidang non akademik sebanyak 3% (tiga persen) dari pagu sekolah;
  3. Dalam hal kuota jalur prestasi hasil lomba bidang akademik tidak terpenuhi, maka dapat dialihkan ke jalur prestasi hasil lomba bidang non akademik dan sebaliknya;
  4. Dalam hal kuota jalur prestasi berdasarkan hasil lomba bidang akademik dan/atau bidang non akademik tidak memenuhi kuota, maka sisa kuota dimasukkan dalam jalur zonasi untuk jenjang SMA dan jalur Prestasi Nilai Akademik untuk jenjang SMK;
  5. Jalur prestasi hasil lomba bidang akademik dan/atau bidang non akademik, pada jenjang SMA calon peserta didik baru berasal dari dalam zona dan/atau luar zona yang berbatasan sesuai dengan domisili calon peserta didik, sedangkan pada jenjang SMK calon peserta didik baru dari dalam zona atau luar zona;
  6. Calon peserta didik baru jenjang SMA dapat memilih 1 (satu) sekolah dalam zona atau luar zona yang berbatasan, sedangkan pada jenjang SMK dapat memilih 1 (satu) kompetensi keahlian di sekolah dalam zona atau luar zona;
    Prestasi diperoleh pada saat calon peserta didik bersekolah di tingkat SMP/Sederajat:
  1. Prestasi hasil lomba diperuntukan bagi calon peserta didik baru yang memiliki prestasi pada kategori perorangan/ Individu dan/atau beregu/kelompok.
  2. Setiap hasil lomba dilakukan penskoran pada masingmasing lomba baik berjenjang individu/perorangan ataupun beregu/kelompok, dan tidak berjenjang individu/perorangan ataupun beregu/kelompok.
  3. Adapun prestasi yang bersifat beregu/kelompok maka jumlah yang diterima di 1 (satu) satuan pendidikan tidak boleh melebihi 2 (dua) orang dari setiap jenis perlombaan.
  4. Verifikasi dan legalisasi sertifikat atau piagam dilakukan oleh kepala sekolah SMP/sederajat asal.
  5. Apabila didalam sertifikat atau piagam tidak tertulis tingkat lomba, maka harus dilampiri surat keterangan dari Kepala Sekolah SMP/Sederajat asal, tentang tingkat lombanya.
  1. Jalur Prestasi Nilai Akademik diperuntukkan bagi calon peserta didik baru jenjang SMA/SMK yang sistem penilaiannya merupakan gabungan rerata nilai rapor SMP/sederajat semester 1 sampai dengan semester 5 dengan nilai akreditasi (angka) dari SMP/sederajat.
  2. Kuota jalur prestasi nilai akademik jenjang SMA sebanyak 25% (dua puluh lima persen) dari pagu sekolah dan berasal dari dalam zona dan/atau luar zona yang berbatasan.
  3. Kuota jalur prestasi nilai akademik jenjang SMK sebanyak 65% (enam puluh lima persen) dari pagu sekolah yang berasal dari dalam dan/atau luar zona.
  4. Calon peserta didik baru jenjang SMA dapat memilih paling banyak 3 (tiga) sekolah dengan ketentuan ketiganya di dalam zona atau 2 (dua) di dalam zona dan 1 (satu) di luar zona yang berbatasan.
  5. Calon peserta didik baru jenjang SMK dapat memilih paling banyak 3 (tiga) Kompetensi Keahlian dalam 1 (satu) sekolah atau sekolah yang berbeda, dalam zona dan/atau luar zona.
  1. Jalur Zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik baru jenjang SMA yang berdomisili di dalam zona dan/atau luar zona yang berbatasan dan calon peserta didik baru jenjang SMK yang berdomisili di dalam zona dan/atau luar zona, berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran Tahap I PPDB 2022, tanggal 20 Juni 2022.
  2. Bagi sekolah jenjang SMA/SMK yang berada di kabupaten/kota perbatasan provinsi Jawa Timur dapat menerima calon peserta didik dari luar provinsi Jawa Timur yang berbatasan selama pagu belum terpenuhi tanpa dibatasi kuota.
  3. Kuota Jalur zonasi jenjang SMA adalah 50% (lima puluh persen) dari pagu sekolah.
  4. Kuota Jalur zonasi jenjang SMK adalah 10% (sepuluh persen) dari pagu sekolah.
  5. Calon peserta didik baru jenjang SMA dapat memilih paling banyak 3 (tiga) sekolah dengan ketentuan ketiganya dalam zona atau 2 (dua) dalam zona dan 1 (satu) di luar zona yang berbatasan.
  6. Calon peserta didik baru jenjang SMK dapat memilih paling banyak 3 (tiga) Kompetensi Keahlian dalam 1 (satu) sekolah atau sekolah yang berbeda, dalam zona dan/atau luar zona.
    Calon siswa menghubungi Operator SMP/Mts masing-masing. Pembetulan nilai rapor (bagi calon peserta didik baru yang terdapat kesalahan entry) dilakukan oleh sekolah asal secara online melalui aplikasi PPDB mulai 28 Mei 2022 sampai dengan 31 Mei 2022 melalui situs rapor.ppdb.jatimprov.go.id.
    Semua calon peserta didik baru mengambil PIN (Personal Identification Number) dan menentukan titik rumah dengan aplikasi geolokasi melalui situs ppdb.jatimprov.go.id dimulai tanggal 2 Juni 2022 sampai dengan 18 Juni 2022 secara online.
    Tidak secara instan langsung jadi. Saat login selanjutnya (setelah 2-3 hari), jika data sudah diverifikasi oleh operator SMA/SMK maka calon peserta didik dapat mengunduh PIN.
    Tidak, karena ada proses pemeringkatan. Jalur Prestasi Hasil Lomba bidang Akademik dan Non Akademik, diperingkat berdasarkan urutan:
  1. Bobot prestasi (skoring)
  2. Rerata Nilai Rapor
  3. Usia calon peserta didik baru yang lebih tua

  4. tap/klik pada gambar/tabel, biar tampil penuh.
    Tidak karena ada proses pemeringkatan. Pemeringkatan jalur zonasi untuk SMA/SMK berdasarkan urutan:
  1. Jarak Domisili Terdekat
  2. Usia calon peserta didik baru yang lebih tua
  3. Waktu Pendaftaran
  • Pengumuman jalur PPDB yang meliputi Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/wali, Jalur Prestasi Hasil Lomba, Jalur Prestasi Nilai Akademik, dan Jalur Zonasi, diumumkan melalui aplikasi PPDB online pada situs ppdb.jatimprov.go.id.
  • Peserta didik yang telah diterima, tidak dapat mendaftar di tahap dan jalur berikutnya.
  • Peserta didik yang telah diterima di sekolah pilihannya sesuai jalur yang dipilih, wajib melakukan cetak bukti pendaftaran melalui situs ppdb.jatimprov.go.id.
  • Peserta didik yang telah diterima dan telah melakukan cetak bukti pendaftaran, wajib melaksanakan proses daftar ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  • Daftar ulang dilaksanakan secara offline di sekolah, setelah seluruh tahapan PPDB berakhir.
  • Peserta didik yang telah diterima wajib menyerahkan bukti penerimaan, foto copy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus yang dikeluarkan oleh sekolah dan menunjukkan dokumen aslinya, serta foto copy kartu keluarga dan menunjukkan dokumen aslinya.
  • Proses daftar ulang bagi peserta didik baru dilaksanakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
  • Apabila ditemukan pemalsuan dokumen, maka akan diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan dicabut haknya sebagai peserta didik baru.
    1. tap/klik pada gambar/tabel, biar tampil penuh, kalau menggunakan hape maka menu-menu dapat dibuka dengan tap tombol 3 garis di kanan atas.

    KHUSUS UNTUK SMAN 1 GONDANG MOJOKERTO

    Mulai dari sini sampai ke bawah adalah informasi khusus

      Sebutkan nama atau nama panggilan serta asal sekolah (hal ini dikarenakan admin PPDB SMAGO tidak mengenal atau belum tentu menyimpan nomor WA kalian), lalu sebutkan dan sampaikan pertanyaan tentang PPDB.
      Belum ditetapkan oleh Kepala Sekolah, sebagai contoh saja untuk tahun pelajaran yang lalu sebesar Rp. 200.000 ditambah tabungan siswa Rp. 35.000
      Iya, harus ke Koperasi SMAN 1 Gondang Mojokerto.
      Iya, dapat dilihat sendiri oleh siswa maupun orang tua pada halaman klik di sini

    Apabila ada pertanyaan silahkan disampaikan kepada ADMIN PPDB SMAGO (klik tautan/tombol di bawah ini)

    PANITIA/ADMIN PPDB


    JADWAL HALAMAN 1


    JADWAL HALAMAN 2


    JADWAL HALAMAN 3


    JADWAL HALAMAN 4


    HOME


    By Masthoyib@2022

    SMAN 1 GONDANG MOJOKERTO