HOME OSIS PTK-SMAGO

BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Penataan baglog jamur tiram dari awal.

BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Penataan baglog jamur tiram dari awal.

BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Perkembangan yang berbeda-beda pada Baglog.

JAMUR TIRAM

We love SMAGO

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom. Tubuh buah jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus) sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5–20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk. Selain itu, jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4μm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat. Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk. Tubuh buah terlihat saling bertumpuk di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau pokok batang pohon yang sudah ditebang karena jamur tiram adalah salah satu jenis jamur kayu. Untuk itu, saat ingin membudidayakan jamur ini, substrat yang dibuat harus memperhatikan habitat alaminya. Media yang umum dipakai untuk membiakkan jamur tiram adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan limbah dari penggergajian kayu.

LATAR BELAKANG

Berawal dari niat untuk membekali siswa SMAN 1 Gondang agar memiliki kemampuan berwirausaha dan mendalami dunia usaha yang semakin terbuka lebar serta keinginan untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat maka dengan segenap pengalaman, pengetahuan, dan berbagai hasil survey serta konsultasi , sekolah berusaha mengembangkan usaha budidaya jamur tiram Sekilas Tentang Jamur Tiram. Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu jamur kayu yang sangat baik untuk dikonsumsi manusia. Selain karena memiliki cita rasa yang khas, jamur tiram juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Jamur tiram mengandung protein sebanyak 19 – 35 % dari berat kering jamur, dan karbohidrat sebanyak 46,6 – 81,8 %. Selain itu jamur tiram mengandung tiamin atau vit. B1, riboflavin atau vit. B2, niasin, biotin serta beberapa garam mineral dari unsur-unsur Ca, P, Fe, Na, dan K dalam komposisi yang seimbang. Bila dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram, maka kandungan gizi jamur masih lebih lengkap sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan. Selain itu juga jamur tiram juga bermanfaat dalam pengobatan yaitu : dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Memiliki kandungan serat mulai 7,4 % sampai 24,6% yang sangat baik bagi pencernaan. Antitumor, antioksidan dan lain lain. Budidaya jamur tiram memiliki prospek ekonomi yang baik. Jamur tiram merupakan salah satu produk komersial dan dapat dikembangkan dengan teknik yang sederhana. Selain itu, konsumsi masyarakat akan jamur tiram cukup tinggi, sehingga produksi jamur tiram mutlak diperlukan dalam skala besar. Jamur tiram tumbuh pada serbuk kayu, khususnya yang memiliki serat lunak Usaha ini dipilih atas beberapa pertimbangan diantaranya karena kebutuhan skill yang tidak begitu tinggi sehingga bisa dibuat praktek siswa, daya serap pasar yang masih sangat tinggi dan potensial, biaya investasi yang relatif rendah serta telah tersedianya sarana dan prasarana utamanya lingkungan yang mendukung untuk pertumbuhan dari budidaya jamur tiram ini.

Pemilihan bentuk usaha budidaya jamur tiram ini dilatarbelakangi oleh:

  1. Memberi bekal life skill kepada siswa SMAN 1 Gondang
  2. Budidaya jamur tiram memiliki prospek ekonomi yang baik. Pasar jamur tiram yang telah jelas serta permintaan pasar yang selalu tinggi memudahkan para pembudidaya memasarkan hasil produksi jamur tiram.
  3. Merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki tingkat kerumitan sederhana dan membutuhkan modal yang terjangkau.
  4. Jamur tiram merupakan salah satu produk komersial dan dapat dikembangkan dengan teknik yang sederhana. Bahan baku yang dibutuhkan tergolong bahan yang murah dan mudah diperoleh sepertiserbuk gergaji, dedak dan kapur, sementara proses budidaya sendiritidak membutuhkan berbagai pestisida atau bahan kimia lainnya.
  5. Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar pertanian jamur tiram.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi : Menjadikan siswa mampu berwirausaha dalam industri budidaya jamur tiram yang dapat bersaing, menghasilkan produk dengan kualitas baik

Misi :

  1. Memberi pelatihan budidaya jamur tiram kepada siswa SMAN 1 Gondang
  2. Memperkenalkan jamur tiram secara luas kepada masyarakat melalui pendekatan kualitas ( cita rasa, mutu dan kesegaran ) dan pendekatan pelayanan konsumen.
  3. Mensosialisasikan manfaat jamur tiram kepada masyarakat terutama kepada siswa

1.3 Tujuan Usaha Jamur tiram adalah salah satu jenis tanaman yang diminati oleh banyak orang untuk dikonsumsi, budidaya jamur tiram merupakan usaha yang menjanjikan karena mempunyai konsumen yang tergolong banyak. Sehingga peluang usaha terbuka lebar.

Perawatan Baglog Jamur

Random Name

Perawatan Baglog Jamur

Random Name

Perawatan Baglog Jamur

Random Name

Penyiraman lantai untuk menjaga kelembaban

Random Name

Penyiraman bagleg untuk menjaga kelembaban

Random Name

Pemanenan Jamur

Random Name

Pemanenan Jamur

Random Name

Baglog yang gagal karena tumbuh jamur lainnya

Random Name

AGENDA PBL

Remember ME!


  • Awal Tanam Coming Soon
  • Panen raya Coming Soon
  • Akhir Tanam Coming Soon
New York

JAMUR TIRAM

SMAGOMOKER

Karakteristik.

Paris

JAMUR TIRAM

SMAGOMOKER

.....

San Francisco

JAMUR TIRAM

SMAGOMOKER

......

×

SMAGO

Need help?

CONTACT

Fan? Drop a note!

SMAN 1 Gondang Mojokerto
Phone: +6285859452882
Email: datul76@gmail.com